Header Ads

test

Korea Utara bisa menyerang Alaska. Apa yang bisa dilakukan A.S.?

                                                                  beritaterdepan.com
Korea Utara berhasil melakukan ujicoba rudal balistik antarbenua 3 Juli. Rudal tersebut diluncurkan ke dalam busur yang curam yang membawanya lebih dari 1.700 mil vertikal sebelum mulai masuk kembali ke atmosfer bumi. (The Washington Post).
Dalam rangkaian kesempatan ini, kami akan membawa Anda untuk mempercepat berita keamanan nasional terbesar dalam seminggu. Korea Utara menunjukkan kepada dunia tentang apa yang para ahli ketahui: Rezim tersebut bermaksud membangun roket yang mampu mencapai daratan A.S. Rezim komunis yang tertutup tersebut melepaskan rudal balistik antar benua, atau sebuah ICBM. Rudal tersebut menempuh jarak lebih dari 1.700 mil vertikal sebelum mendarat di Laut Jepang. Pada lintasan datar, para ahli mengatakan, roket jenis ini akan mampu mencapai sejauh Alaska.
Inilah yang perlu Anda ketahui tentang program nuklir Korea Utara dan bagaimana Amerika Serikat dapat merespons:
Apa yang sebenarnya dilakukan Korea Utara minggu ini? Rezim tersebut sebelumnya telah memodifikasi teknologi Soviet kuno untuk membangun hampir semua rudal balistiknya. Selama bertahun-tahun, ia telah berusaha mengembangkan sebuah ICBM yang mampu menempatkan kota-kota A.S. dalam jarak yang jauh. Seperti sekarang, roket yang diuji Pyongyang pada Juli Keempat tidak bisa mencapai Lower 48 states.

Tes rudal itu sukses karena terbang lebih tinggi dan tetap berada di udara lebih lama. "Ini bukan salinan mesin Soviet yang jelek, dan bukan mesin Soviet yang dikelompokkan bersama - ini adalah hal yang nyata," kata Jeffrey Lewis, direktur program Asia Timur di James Martin Centre for Nonproliferation Studies. Uji sebenarnya dari rudal akan terjadi saat berada dalam kendali operasional, artinya saat siap digunakan sebagai senjata. Untuk melakukan itu, Korea Utara masih perlu memikirkan bagaimana membangun hulu ledak nuklir yang cukup kecil agar sesuai dengan salah satu rudal jarak jauhnya.
Bagaimana tanggapan Trump ? Pasukan A.S. dan Korea Selatan memobilisasi Rabu pagi untuk melakukan latihan militer gabungan yang mencakup peluru kendali rudal mereka sendiri. Komando Pasifik A.S. mengatakan bahwa peluncuran tersebut merupakan tanggapan terhadap "tindakan mendestabilisasi dan melanggar hukum Korea Utara." Dana White, juru bicara Pentagon, mengatakan bahwa komitmen untuk sekutu A.S. "sangat ketat" dan bahwa Amerika Serikat siap untuk menggunakan "kemampuan penuh yang ada untuk melawan ancaman yang terus meningkat dari Korea Utara." Trump cepat menanggapi peluncuran Korea Utara di Twitter: "Korea Utara baru saja meluncurkan rudal lain," kata Trump. "Apakah orang ini punya hubungan lebih baik dengan hidupnya?" Kim Jong Un juga mengambil giliran mengejek Trump. Media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Kim mendesak ilmuwannya untuk mengirim lebih banyak hadiah Hari Kemerdekaan ke Amerika.
Apa yang dikatakan pejabat Rusia dan China ? Rencana pembalasan pemerintah bertentangan dengan Rusia dan China - dan dibutuhkan kedua negara untuk memiliki dampak terhadap Pyongyang. Beijing dan Moskow sama-sama menentang sanksi ekonomi tambahan atau tindakan militer apapun.
Ancaman nuklir Korea Utara tidak diragukan lagi berada di benak Trump dan Presiden China Xi Jingping saat mereka bertemu di sela-sela KTT ekonomi G-20 di Hamburg minggu ini. Apa saja pilihan di atas meja untuk A.S. dan Korea Selatan ? Sebelum terbang ke Jerman, Trump memperingatkan akan ada konsekuensi "cukup parah" terhadap tindakan Korea Utara. "Ada sesuatu yang harus dilakukan," kata Trump, tanpa memberi rincian lebih lanjut. Trump berharap Beijing akan menekan rezim tersebut dan bahkan memuji Xi karena pendekatannya terhadap Korea Utara. Namun Cina telah meminta pendekatan yang terukur dan lamban bertindak, membuat Trump cukup menjengkelkan sehingga jika Beijing tidak masuk, Amerika Serikat akan melakukannya sendiri. Sejauh ini, Trump telah mempertahankan kebijakan yang sama dengan Obama: mengisolasi Pyongyang melalui cara diplomatik dan ekonomi. Setiap aksi militer terhadap Korea Utara akan segera menyebabkan Korea Utara bereaksi. Sejumlah besar artileri diarahkan ke Seoul, tempat tinggal setengah dari populasi Korea Selatan. Jika Korea Utara menembak ke Selatan, para ahli mengatakan mayoritas orang yang tinggal di sana akan terbunuh dalam tiga jam pertama. Inilah salah satu alasan utama mengapa pemerintahan sebelumnya menggunakan pengekangan untuk melawan Pyongyang. Apakah militer A.S. dekat dengan akting ? Singkatnya, tidak. Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan peluncuran tersebut tidak berarti Amerika Serikat lebih dekat dengan perang dan bahwa fokusnya akan tetap menekan Korea Utara melalui sanksi ekonomi dan tindakan diplomatik. Meskipun telah diluncurkan, Pentagon telah menekankan bahwa ancaman Korea Utara "baru lahir" dan bahwa kemajuan teknologi rudal di negara tersebut masih terbatas.

No comments